Countdown

X Tutup

TV Digital Per April, Syarat Set Top Box Sertifikasi Pemerintah Miliki Fitur Mitigasi Bencana

Seorang warga menunjukkan salah satu contoh perangkat Set Top Box (STB) DVBT2 yang akan digunakan untuk menyaksikan siaran televisi digital, Kamis 23 September 2021. Hal penting yang perlu diperhatikan saat membeli berbagai peralatan elektronik, TV atau STB, dalam rangka beralih ke TV Digital, yaitu pilih produk yang bersertifikasi Kominfo seperti tanda “Siap Digital”, DVBT2, atau dus terdapat gambar Si MODI. Tim Komunikasi dan Edukasi Publik Migrasi TV Digital/Wienda Parwitasari

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Tahapan pertama peralihan dari televisi (TV) analog ke digital dimulai April 2022.

Persyaratan set top box untuk dapat menerima pemancar TV digital adalah memiliki fitur Early Warning System (EWS) atau mitigasi bencana.

Direktur Standardisasi Perangkat Pos dan Informatika Kemenkominfo Mulyadi menerangkan, tahap pertama peralihan TV analog ke digital pada April 2022.
"Cara menerimanya, pertama menambahkan Set Top Box untuk televisi analog," tutur Mulyadi saat diskusi daring, Jumat (18/2/2022).

Kalau sudah tersedia televisi digital maka bisa dicek wilayah tempat tinggal masyarakat tersebur. Jika sudah ada pemancar digital maka tinggal diatur setting di perangkat televisi.
Selain itu, masyarakat diminta beralih ke TV digital yang memiliki fitur mitigasi bencana hingga pengawasan anak. Karena itu, disarankan agar set top box yang dimiliki telah tersertifikasi oleh pemerintah.

"Untuk memilih set top box maka sudah ada ketentuannya. Yaitu pilihlah set top box yang bersertifikat dari Kemenkominfo," ujarnya.

Hal tersebut untuk memastikan bahwa set top box yang digunakan sudah sesuai dengan syarat-syarat yang ditetapkan oleh pemerintah. Satu di antara syaratnya telah memiliki fitur mitigasi bencana.

"Salah satunya adalah fitur EWS (Early Warnig System). Yang tidak bersertifikat belum tentu memiliki fitur EWS," tutur Mulyadi.

Penulis: Dennis Destryawan 
Editor: Muhammad Zulfikar 

https://www.tribunnews.com/techno/2022/02/18/tv-digital-per-april-syarat-set-top-box-sertifikasi-pemerintah-miliki-fitur-mitigasi-bencana?utm_source=linetoday

Kontak

Ceritakan pengalamanmu tentang siaran televisi digital:

Telepon:

159 (call center)