Countdown

X Tutup

Siaran Analog di Beberapa Daerah Ini Bakal Berhenti, Tim Pokja Komunikasi Publik ASO Sosialisasikan Lewat Kethoprak Humor

Pertunjukan Ketoprak dengan judul Lutung Kasarung di RRI Yogyakarta, 14 Juli 2022. Tim Komunikasi dan Edukasi Publik Migrasi TV Digital Kemkominfo/ Sonya Freshtikawati Tallaut

JAKARTA - Guna mensosialisasikan migrasi televisi analog ke digital, tim Pokja Komunikasi Publik ASO (Analog Switch Off) mengelar pertunjukan kesenian kethoprak di beberapa daerah. Mengusung lakon Lutung Kasarung, pertunjukan ini diharapkan dapat menjadi sarana sosialisasi paling mudah menjangkau seluruh lapiran masyarakat terkait digitalisasi televisi ini. 

Adapun dipilihnya petunjukan kethoprak humor untuk sosialisasi karena siaran televisi analog akan dihentikan pada 25 Agustus 2022 mendatang di sejumlah kabupaten atau kota di Jawa Tengah dan DIY (Daerah Istimewa Yogyakarta) dan dialihkan seluruh jangkauannya ke siaran TV digital. Sebut saja Kulon Progo, Bantul, Gunungkidul, Sleman, Yogyakarta, Klaten, Sukoharjo, Karanganyar dan Surakarta. 

Selain dapat mengibur masyarakat, pertunjukan kethoprak berdurasi 145 menit ini diharapkan juga dapat membangun pemahaman, kepercayaan, dan partisipasi publik untuk bersama-sama beralih menggunakan televisi analog ke digital. Hal itu juga mengingat banyaknya keuntungan yang diperoleh masyarakat dalam mengakses layanan televisi digital. 

Adapun keuntungan tersebut antara lain kualitas gambar yang ditampilkan lebih jernih, tidak bintik-bintik, serta kualitas suara maksimal. Bahkan masyarakat yang menikmati layanan ini tidak perlu membeli kuota internet karena disiarkan melalui frekuensi. 

Guna lebih meyakinkan masyarakat tentang keuntungan layanan televisi digital, tim Pokja juga menghadirkan sejumlah nara sumber melalui pertunjukan kethoprak yang disiarkan secara live streaming di YouTube Kominfo pada 14 Juli 2022 pukul 20.00 WIB tersebut, di antaranya Rosarita Niken Widiastuti (Staf Khusus Kementerian Komunikasi dan Informatika RI), Septizar Triastika (Analis Kebijakan Dit. 
Penyiaran Kementerian Komunikasi dan Informatika RI), Rini Purwandari, MM ( Dewas LPP RRI), I Hendrasmo (Direktur Utama LPP RRI) serta Maryuni Kabul Budiono (Dewas TVRI). 

Dengan menghadirkan nara sumber sebagai bintang tamu masyarakat diharapkan dapat menemukan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan awam seputar peralihan TV digital, seperti tentang cara mengakses layanan TV digital, perlu tidaknya mengganti pesawat televisi, cara menggunakan set top box dan mendapatkannya secara gratis, dan seputar pertanyaan TV digital lainnya. 

Pertunjukan kethoprak humor yang juga bertajuk ASO : Era Baru Siaran TV Digital, Banyak Programnya Gratis Menontonnya ini juga kerap diwarnai canda para seniman yang membuat penonton tertawa terpingkal-pingkal.

Karina Asta Widara , Okezone

https://news.okezone.com/read/2022/07/19/1/2632659/siaran-analog-di-beberapa-daerah-ini-bakal-berhenti-tim-pokja-komunikasi-publik-aso-sosialisasikan-lewat-kethoprak-humor

Kontak

Ceritakan pengalamanmu tentang siaran televisi digital:

Telepon:

159 (call center)