Countdown

X Tutup

Senang dan Terbantu, Murtini dan Ani, Warga Kota Bekasi Ucapkan Terima Kasih atas Bantuan STB Gratis

Direktur Utama Indosiar, Imam Sudjarwo memberikan bantuan Set Top Box (STB) kepada perwakilan warga kota Bekasi di Kecamatan Bekasi Barat, Jawa Barat, Senin, 5 September 2022. Tim Komunikasi dan Edukasi Publik Migrasi TV Digital/Wienda Parwitasari

Bekasi. Persiapan masyarakat dalam menyambut migrasi TV digital atau Analog Switch Off (ASO) di Indonesia terus diperkuat. Secara khusus Kementerian Komunikasi dan Informatika memonitor dan memastikan bantuan Set Top Box (STB) bagi Rumah Tangga Miskin (RTM) telah terdistribusi. 

Lembaga Penyiaran Swasta (LPS) SCTV dan Indosiar (SCM/EMTEK Grup) melakukan proses distribusi bantuan STB untuk RTM sebagai bagian komitmen setelah terpilih menjadi pengelola multipleksing (MUX). Secara keseluruhan, ada 18.163 warga Kota Bekasi yang mendapatkan STB gratis. Pendistribusian tahap pertama ini dipusatkan di Aula Kantor Kecamatan Bekasi Barat, Kota Bekasi. Senin, 5 September 2022.

Dalam acara tersebut, Staf Khusus Menteri Komunikasi dan Informatika, Rosarita Niken Widiastuti menegaskan terkait batas akhir ASO pada 2 November 2022. Pada tanggal tersebut, semua siaran televisi dimatikan. Masyarakat perlu segera beralih ke siaran TV Digital agar terus bisa menikmati siaran televisi. 

“Untuk beralih ke TV digital masyarakat harus menambahkan alat yang namanya Set Top Box (STB). Untuk Rumah Tangga Miskin akan mendapatkan bantuan STB dari penyelenggara MUX, termasuk SCTV dan Indosiar (SCM/EMTEK Grup). LPS akan memberikan bantuan STB kepada RTM,” demikian penjelasan Stafsus Niken.

Warga penerima STB bantuan mengungkapkan rasa senang dan terima kasih. Murtini, 43 tahun, warga Kelurahan Kranji, Kecamatan Bekasi Barat merasakan bantuan STB ini sangat meringankan. Rasa senang Murtini bertambah ketika STB bantuan tersebut bisa menangkap siaran-siaran TV favoritnya. 

“Waduh senang sekali, benar-benar bersih gambarnya, jernih suaranya. Seperti di iklan-iklan jernihnya. Saya akan ajak warga sekitar rumah untuk segera beralih ke siaran TV Digital. Banyak channelnya, hampir 50 tadi TV saya,” katanya.

Hal yang sama juga dirasakan Ani, 25 tahun. Ia menyampaikan rasa terima kasih, karena bantuan ini langsung terasa manfaatnya. Ani tidak menyangka bahwa siaran televisi digital benar-benar jauh lebih bagus daripada siaran TV analog. “Memasang STB nya ternyata mudah,” katanya.

Dalam sambutannya di acara tersebut, Direktur Utama Indosiar, Imam Sudjarwo memaparkan bahwa khusus hari ini ada sekitar 1000 warga yang mendapatkan STB. Daftar penerima STB sudah melalui proses verifikasi bersama dengan Pemerintah Daerah. 

Menurutnya, data dari Kemenkominfo kemudian diverifikasi oleh Plt Walikota Bekasi. “Itu yang menjadi dasar kita mendistribusikan ini. Hari ini kurang lebih 900 sampai 1.000 warga yang akan mendapat STB. Rencananya kita akan membagikan STB di Kota Bekasi ini sebanyak 18.163 unit, khusus di Bekasi Barat ini akan kita bagi 3.333 unit," katanya.

Plt Wali Kota Bekasi Tri Adhianto Tjahyono mengapresiasi Pemerintah Pusat dalam hal pendistribusian STB. Langkah ini penting untuk mempersiapkan keseluruhan warga masyarakat menyambut era baru TV Digital. 

"Channelnya semakin banyak, jadi banyak pilihannya untuk menikmati siaran yang bermanfaat. Penggunaan STB juga ada nilai tambahnya, yaitu Early Warning System (EWS) terkait informasi dan komunikasi kebencanaan, jadi masyarakat bisa antisipasi sejak awal," ucapnya.

Direktur Penyiaran Kominfo, Geryantika Kurnia menambahkan, sekitar 6,7 juta warga miskin se-Indonesia akan mendapat STB secara cuma-cuma. Geryantika menambahkan bahwa SCM/EMTEK grup berkomitmen mendistribusikan 1,2 juta unit STB di seluruh Indonesia. Dukungan penuh dari sektor swasta perlu mendapatkan apresiasi. 

Ayo Beralih ke Siaran TV Digital Sekarang

Kementerian Kominfo terus menggaungkan pentingnya beralih tanpa perlu menunggu batas akhir ASO. Beralih lebih cepat berarti bisa menikmati siaran TV Digital dan beragam fitur canggihnya sejak dari sekarang. 

“Untuk masyarakat yang mampu silakan membeli STB di marketplace atau toko-toko elektronik. Namun, kalau membeli STB mohon dicek yang bersertifikasi Kominfo, kalau tidak bersertifikasi Kominfo, nanti dipasang TV nya tidak menyala. mari kita beralih ke siaran TV digital, bersih gambarnya, jernih suaranya, dan canggih teknologinya. 

(VNP/AF/Tim Komunikasi dan Edukasi Publik ASO, Kemenkominfo)


Kontak

Ceritakan pengalamanmu tentang siaran televisi digital:

Telepon:

159 (call center)