Countdown

X Tutup

Pemerintah akan Hentikan Siaran TV Analog, di Aceh Segera Berlaku!

ACEHSTANDAR.COM - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) akan menghentikan siaran televisi analog secara total paling lambat 2 November 2022. 

Pada tahap pertama, siaran TV analog akan dihentikan paling lambat pada 17 Agustus 2021, dengan proses peralihan sudah dimulai sejak saat ini.

Staf Khusus Kementerian Komunikasi dan Informatika Rosarita Niken Widiastuti  menyampaikan di Provinsi Aceh sedang melakukan persiapan khususnya dalam wilayah Aceh 1 yang meliputi Kota Banda Aceh dan Kabupaten Aceh Besar.

Sementara sejumlah Kabupaten dan Kota lainnya di tanah rencong akan dilaksanakan setelah tahap pertama selesai dilakukan.

"Aceh 2 Kota Sabang dan dan Aceh 4 Bireuen akan dilaksanakan di penghujung tahun ini. Sedangkan Aceh 3 Lhokseumawe dan sekitarnya pada 31 Maret 2022," kata Rosarita Niken Widiastuti, Sabtu (12/6/2021)  usai membuka acara bertajuk "Bersiap Digital, Sambut Tahap Satu Migrasi TV Digital dari Aceh" di Kantor Diskomifo dan sandi Aceh.

Pun demikian, masyarakat tak perlu mengganti perangkat TV yang lama dengan yang baru, jika belum memiliki saluran penerimaan siaran digital. Hanya saja menambahkan Set Top Box (STB) yang merupakan alat bantu penerima siaran digital berupa kotak decoder.

Kepala Diskominfo Aceh Marwan Nusuf menyampaikan masyarakat akan mendapat kualitas gambar dengan resolusi tinggi dan suara yang lebih jernih. Pilihan saluran televisi yang bisa dipilih juga lebih beragam. Manfaat ini dapat dinikmati secara gratis, sebab proses digitalisasi penyiaran ini dilakukan pada penyiaran tetap yang tak berbayar.

"Gak perlu membeli TV baru, cukup membeli Set Top Box (STB), jika TV-nya belum digital," terang Marwan.

Kepada masyarakat, Marwan mengingatkan agar jangan terpengaruh dengan informasi yang tidak akurat, seperti dengan beralih ke TV digital masyarakat harus membayar (berlangganan). 

"Tidak ada bayar, jadi masyarakat, jangan menerima informasi yang bersebrangan dengan pemerintah. Tapi cari informasi dari sumber-sumber resmi. Atau tanyakkan langsung ke kami atau KPI,"ujarnya.

Untuk diketahui, pada tahap satu ini, layanan yang dimatikan di sebagian wilayah Aceh (Kabupaten Aceh Besar, Kota Banda Aceh), Kepulauan Riau (Kabupaten Bintan, Kabupaten Karimun, Kota Batam, Kota Tanjung Pinang), serta Banten (Kabupaten Serang, Kota Cilegon, Kota Serang). Juga di Kalimantan Timur (Kabupaten Kutai Kartanegara, Kota Samarinda, Kota Bontang), dan Kalimantan Utara (Kabupaten Bulungan, Kota Tarakan, Kabupaten Nunukan). Foto : Frederick Octavianus/Kompub ASO

https://www.acehstandar.com/news/pemerintah-akan-hentikan-siaran-tv-analog-di-aceh-segera-berlaku/index.html

Kontak

Ceritakan pengalamanmu tentang siaran televisi digital:

Telepon:

159 (call center)