Countdown

X Tutup

Pelaksanaan Migrasi TV Digital Tahap I Ditunda

Warga menonton televisi di rumahnya, Depok, Jawa Barat, Selasa (15/6/2021). ANTARAFOTO/Yulius Satria Wijaya

JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mengumumkan penundaan Tahap I Analog Switch Off (ASO) atau migrasi dari televisi analog ke digital. Tahap ini semula akan dimulai pada 17 Agustus 2021 sesuai Permenkominfo Nomor 6 Tahun 2021.

"Rencana ASO yang tadinya direncanakan Tahap I pada 17 Agustus 2021 ini tidak jadi dilaksanakan pada tanggal tersebut," ujar Pelaksana Tugas Dirjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kemkominfo, Ismail, dalam telekonferensi, Jumat (6/8).
Dia menyatakan tanggal pengganti dimulainya Tahap I ASO masih belum ditentukan. Kemenkominfo baru akan mengumumkannya segera setelah Permenkominfo Nomor 6 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Penyiaran itu sudah ditandatangani Menkominfo Johnny G Plate.

Lebih lanjut, Ismail menjelaskan penjadwalan ulang Tahap I dilakukan berdasarkan sejumlah pertimbangan. Pertama, fokus pemerintah maupun masyarakat saat ini masih dalam rangka penanganan dan pemulihan kondisi kesehatan dan ekonomi pandemi covid-19.

"Kami juga menerima banyak masukan dari berbagai elemen publik dan masyarakat yang menyarankan agar proses ASO di Tahap I ini tidak dilakukan pada 17 Agustus 2021," ungkapnya.

Kemudian pemerintah juga masih memerlukan tahapan-tahapan persiapan lebih lanjut untuk migrasi siaran televisi ke digital ini. Hal ini disebut berdasarkan atas evaluasi terhadap berbagai kesiapan teknis yang dilakukan para pemangku kepentingan (stakholders) terkait.

"Oleh karena itu, kami akan melakukan perubahan atau revisi terhadap Permenkominfo Nomor 6 Tahun 2021 itu tentang pelaksanaan ASO yang akan kami umumkan secepatnya," imbuh Ismail.

Meski dijadwalkan ulang, dia menyampaikan apresiasi atas upaya-upaya yang dibutuhkan dari semua stakeholders dalam penyesuaian infrastruktur Multiplexing (MUX). Terutama yang sudah mulai beroperasi di berbagai wilayah layanan Tahap I ASO.

Kemenkominfo juga mengimbau agar seluruh stakeholders terkait untuk meningkatkan kegiatan sosialisasi di wilayah-wilayah layanan ASO. Diharapkan masyarakat dapat semakin siap untuk bermigrasi dari televisi analog ke televisi digital yang diklaim jauh lebih baik.

"Jadi masyarakat setempat dapat semakin siap untuk menikmati siaran televisi digital dengan kualitas gambar dan siaran yang jauh lebih baik dari siaran televisi analog seperti sekarang," ucap Ismail. 


Kontak

Ceritakan pengalamanmu tentang siaran televisi digital:

Telepon:

159 (call center)