Countdown

X Tutup

Panduan Memilih Dekoder untuk Nonton Siaran TV Digital

Ilustrasi Penggunaan Set Top Box. Kompub ASO/Wienda Parwitasari

VIVA – Siaran televisi atau TV yang saat ini dinikmati oleh masyarakat di kota dan pedesaan, merupakan teknologi analog yang mengudara selama 60 tahun di Indonesia.

Seiring perubahan zaman dan perkembangan teknologi, sistem ini akan digantikan dengan siaran TV digital di seluruh wilayah Nusantara. Teknologi ini memiliki banyak keuntungan, mulai dari bebas bintik, hingga tayangan dengan kualitas Full High Definition atau HD. Informasi dan hiburan yang disajikan juga lebih beragam.

Saat ini siaran TV digital sudah dinikmati di beberapa wilayah, sementara tayangan dengan sinyal analog baru dihentikan secara bertahap hingga 2 November 2022.

Direktur Penyiaran dari Kementerian Komunikasi dan Informatika, Gerryantika Kurnia mengatakan bahwa program migrasi siaran TV analog ke digital atau analog switch off (ASO) sudah mulai berjalan secara bertahap menurut kesiapan daerahnya.

Untuk menikmati siaran digital, masyarakat harus menggunakan pesawat TV yang mempunyai fitur tersebut. Jika tidak memiliki perangkat yang dimaksud, maka cukup menyambungkan TV lama ke perangkat yang bernama Set Top Box DVBT2.

"Perangkat STB maupun TV digital dapat dibeli di toko elektronik atau marketplace daring,” ujarnya melalui keterangan resmi, dikutip Kamis 15 Juli 2021.

Meski saat ini produk STB sudah banyak tersedia, namun tidak semuanya memiliki standar yang sama. Hal itu diungkapkan oleh Chief Executive Officer PT Akari Indonesia, Kenny Kwe.

Panduan memilih STB untuk menonton siaran TV digital, kata dia adalah yang resmi tersertifikasi oleh Postel dan bersertifikat Standar Nasional Indonesia atau SNI.

“Contohnya Akari ADS-2230, di mana produk tersebut adalah produk resmi dan telah tersertifikasi oleh Postel dan mempunyai sertifikat SNI. STB ini juga dilengkapi dengan fitur Early Warning System, yaitu peringatan dini adanya bencana alam,” tuturnya.

Dengan menggunakan STB tersebut, Kenny mengatakan bahwa konsumen bisa menikmati informasi dan hiburan yang ditayangkan lebih dari 700 stasiun.

 “Produk ini juga mampu merekam siaran TV favorit , mampu membaca konten film maupun lagu yang sudah diunduh ke flash disk atau tempat penyimpanan digital lainnya. STB ini mampu di sambungkan ke semua jenis TV, bahkan TV tabung sekalipun,” jelasnya. 

Kontak

Ceritakan pengalamanmu tentang siaran televisi digital:

Telepon:

159 (call center)