Countdown

Jakarta, InfoPublik – Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Banten, Eneng Nurcahyati menegaskan jika pihaknya siap dan sepenuhnya mendukung migrasi televisi analog ke digital atau Analog Switch Off (ASO).

Untuk wilayah Provinsi Banten sendiri, ada tiga daerah yang segera akan melakukannya di tahap pertama, yaitu Kota Serang, Kabupaten Serang dan Kota Cilegon.

“Pemerintah provinsi mendukung secepatnya penerapan ASO ini. Karena ASO ini memang sudah menjadi keharusan dan akan memberikan kualitas penyiaran yang lebih baik,” katanya saat webinar bertajuk “Dukung Migrasi TV Digital Indonesia” di Kota Serang, Banten, Kamis (10/6/2021)
 
Namun begitu Eneng mengingatkan bahwa migrasi teknologi televisi analog ke digital ini perlu dukungan masyarakat. Kesiapan infrastruktur khususnya yang bersentuhan langsung dengan masyarakat menjadi perhatian penuh dari pemerintah.

“Tentunya yang selama ini menggunakan analog, untuk beralih ke digital ada alat yang harus disiapkan, yaitu set top box. Nah ini menunjukkan bagaimana keberpihakan kita kepada masyarakat khususnya yang menengah ke bawah,” katanya.

Maka itu Eneng berharap dalam tahapan ini ada program yang bisa disinergikan dengan pemerintah daerah, dalam hal ini Pemerintah Provinsi Banten.

Senada dengan Eneng, Wakil Ketua DPRD Provinsi Banten, Budi Prajogo menegaskan bahwa pihaknyapun mendukung penuh ASO dengan syarat utama adalah keberpihakan kepada rakyat harus menjadi hal utama yang diperhatikan.

“Pemerintah baik pusat maupun daerah harus memperhatikan kesiapan masyarakat di semua lapisan,” ujarnya.

Ia pun mengatakan jika migrasi TV analaog berbasis teknologi digital menjadi hal yang tak bisa dielakkan pada saat ini. Oleh karena itu upaya migrasi perlu mendapat perhatian dan dukungan dari semua pihak.

“Migrasi saat ini akan memberi manfaat, baik dari dunia pertelevisian dan masyarakat secara keseluruhan,” katanya.

Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika telah menetapkan pada 2 November 2022 mendatang seluruh siaran televisi telah beralih ke digital. Namun begitu pelaksanaannya akan dibagi dalam beberapa tahap. Tahap pertama direncanakan 17 Agustus 2021.

Selain Banten dalam hal ini Kabupaten dan Kota Serang serta Kota Cilegon, wilayah lain yang masuk tahap pertama penerapan ASO adalah:
1. Aceh(Kab. Aceh Besar Kota Banda Aceh),
2. Kepulauan Riau (Kab. Bintan, Kab. Karimun, Kota Batam, Kota Tj. Pinang)
3. KalimantanTimur (Kab. Kutai Karta negara, Kota Samarinda, Kota Bontang),
4. KalimantanUtara (Kab. Bulungan, Kota Tarakan, Kab. Nunukan).

Kontak

Ceritakan pengalamanmu tentang siaran televisi digital:

Telepon:

159 (call center)