Countdown

X Tutup

Media Group Serahkan STB Bantuan di Aceh, Kominfo Berikan Apresiasi

Staf Khusus Menteri Komunikasi dan Informatika Rosarita Niken Widiastuti (kiri) menyaksikan proses pemasangan Set Top Box (STB) di salah satu rumah warga penerima bantuan STB gratis dalam acara penyerahan STB kepada masyarakat di Banda Aceh, Selasa, (15/3/2022). Tim Komunikasi dan Edukasi Publik Migrasi TV Digital Kemkominfo/ Frederick Octavianus

Aceh. Sebagaimana telah diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 46 Tahun 2021 tentang Pos, Telekomunikasi dan Penyiaran. Pemerintah membantu penyediaan Set Top Box (STB) bagi rumah tangga miskin agar dapat menerima siaran televisi digital pada saat dilakukannya Analog Switch Off (ASO). Dalam ketentuan tersebut, penyediaan Set Top Box utamanya bersumber dari komitmen penyelenggara multipleksing (MUX).

Staf Khusus Menteri Komunikasi dan Informatika Rosarita Niken Widiastuti dalam sambutannya pada acara penyerahan STB kepada masyarakat di Banda Aceh. Selasa, (15/3/2022) mengatakan Pemerintah bersama penyelenggara siaran berkomitmen untuk memberikan bantuan kepada masyarakat yang kurang mampu. 

“Data-datanya tentu kami dapatkan dari DTKS Kemensos dan untuk penerima STB bantuan ini dapat dilihat di website Kominfo (Berikut tautannya https://komin.fo/stbASO1),” katanya.

Stafsus Niken menjelaskan lebih lanjut, penyerahan bantuan STB kepada rumah tangga miskin di Kecamatan Darul Imarah, Aceh Besar, sekaligus menandai pembagian ke daerah lain secara bertahap. Penyerahan bantuan STB sekaligus bentuk dukungan terhadap program ASO.

Kementerian Kominfo mengapresiasi pemenuhan komitmen Media Group atau Metro TV untuk bersama-sama mendorong peralihan siaran TV Analog ke siaran TV digital. “Hari ini menandai penyerahan STB yang dilaksanakan oleh Metro TV, jadi kami mengucapkan terima kasih kepada media grup yang telah menunaikan komitmennya memberikan bantuan STB gratis kepada masyarakat sesuai data Kemensos,” ujar Stafsus Niken.

Pada kesempatan yang sama, Finance and Technical Support Director Metro TV, Arif Nugroho, menegaskan bahwa migrasi dari TV analog ke digital penting dilakukan sebagai komitmen media grup sekaligus sosialisasi kepada masyarakat di seluruh Indonesia bahwa pihaknya siap mendukung program migrasi siaran digital

“Pada hari ini kami bersama Kominfo mengadakan kegiatan siap digital yaitu penyerahan STB kepada masyarakat Aceh Besar dan Kota Lhokseumawe. Ini merupakan langkah awal atau kick off pelaksanaan migrasi digital di seluruh Indonesia. Di Aceh sebanyak 1.500 STB yang yang kita serahkan kepada masyarakat pra sejahtera di Kabupaten Aceh Besar dan Kota Lhokseumawe,” kata Arif.

Sementara itu, Sukriani warga Kecamatan Darul Imarah, Aceh Besar yang terpilih sebagai salah satu penerima bantuan STB menyatakan bersyukur dengan adanya siaran TV Digital. “Selama ini saya menonton televisi berlangganan. Bayarnya Rp110 ribu perbulan. Dengan bantuan STB ini, saya tidak lagi perlu berlangganan untuk menonton TV. Lebih irit,” kata Sukriani. 

Kementerian Kominfo mengajak masyarakat segera beralih ke siaran TV Digital tanpa perlu menunggu tanggal akhir penghentian, yaitu 30 April 2022. Stafsus Niken menegaskan bahwa beralih ke siaran TV digital sangat mudah. 

“Cukup tambahkan STB ke perangkat TV Analog, antena lama masih bisa digunakan. Menonton siaran TV Digital itu gratis, tidak perlu membeli kuota atau membayar langganan,” kata Stafsus Niken.  

Segera Beralih ke Siaran TV Digital

Langkah beralih ke siaran TV Digital mudah saja. Pertama adalah memeriksa pesawat televisi masing-masing. Lakukan saja scanning ulang program siaran. Pesawat televisi yang sudah ada tuner standar DVBT2 di dalamnya, otomatis televisi digital bisa menangkap dan menayangkan program-program siaran TV Digital.

Namun, setelah lakukan pindai (scanning) ulang program, dan siaran yang ada di televisi masih sama dengan sebelumnya, berarti pesawat televisi masih analog. Ingat siaran TV Digital itu gambarnya benar-benar bersih dan suaranya canggih. Jadi bila gambarnya masih sama dengan sebelumnya, bisa dipastikan siaran TV digital belum tertangkap. 

Pesawat TV analog memerlukan alat tambahan bernama Set Top Box (STB) DVBT2 agar bisa menangkap sinyal TV Digital. Setelah STB dirangkaikan dengan televisi lama atau tabung, siaran TV digital akan tertangkap di pesawat televisi. 

Satu hal perlu mendapat perhatian masyarakat yaitu pastikan saat membeli STB atau pesawat televisi digital ada keterangan produk telah tersertifikasi Kementerian Kominfo. Tanda sertifikasi memberikan jaminan kesesuaian teknologi, spesifikasi teknis dan keamanannya. Bila teknologi atau spesifikasi teknisnya berbeda, perangkat tersebut belum tentu bisa menangkap siaran TV Digital di Indonesia secara optimal. 

Daftar perangkat yang sudah tersertifikasi bisa dilihat di website siarandigital.kominfo.go.id. Untuk data termutakhir (diperbarui pada 11 Januari 2022), klik https://sertifikasi.postel.go.id/sertifikat/publish. Tanda lainnya yang lebih populer adalah adanya tulisan “Siap Digital”, atau logo Maskot Digital Indonesia (MODI)  dalam kemasan. 

Siaran TV Digital bukan streaming internet serta bukan pula televisi berlangganan yang menggunakan satelit atau kabel. Segera beralih ke siaran TV Digital. tidak perlu kuota internet atau biaya langganan untuk menontonnya. 

(VNP/AF/Tim Komunikasi dan Edukasi Publik Migrasi TV Digital Kemenkominfo)

Kontak

Ceritakan pengalamanmu tentang siaran televisi digital:

Telepon:

159 (call center)