Countdown

X Tutup

 Masyarakat Sumsel Dibagikan Set Top Box Gratis, Ini Syaratnya

Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Sumsel Achmad Rizwan menyerahkan Set Top Box (STB) secara simbolis dari pihak Trans TV kepada sembilan orang warga Ario Kemuning, Palembang, Sumatera Selatan, Kamis, 24 Februari 2022. Tim Komunikasi dan Edukasi Publik Migrasi TV Digital Kemkominfo/ Ronny Humala

SuaraSumsel.id - Masyarakat Sumatera Selatan (Sumsel) akan mendapat perangkat penyiaran televisi digital Set Top Box (STB) gratis tahun ini.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Sumsel Achmad Rizwan mengatakan, distribusi perangkat STB gratis dari Kementerian Kominfo ditujukan ke masyarakat kurang mampu berdasarkan data dari Kementerian Sosial.

"Kemudian disinkronkan dengan data Dinas Sosial, Kelurahan dan Kecamatan dari setiap kabupaten/kota sehingga distribusi STB bisa tepat sasaran," kata dia usai menghadiri penyerahan STB dari salah satu televisi swasta Trans7 di Kantor Kelurahan Ario Kemuning, Kota Palembang, Kamis (24/2/2022).

Menurut Rizwan, distribusi STB secara gratis itu ditargetkan rampung menjelang Analog Switch Off (ASO) atau migrasi siaran televisi analog menuju siaran televisi digital pada November 2022.

"Berdasarkan rapat-rapat sebelumnya pembagian STB gratis dari pemerintah ini ditargetkan rampung sebelum ASO pada November 2022," kata dia. 

Rizwan menjelaskan, ASO merupakan bentuk peningkatan pelayanan yang saat ini diberikan pemerintah kepada masyarakat.

Di mana, melalui momentum tersebut masyarakat diharapkan mampu memanfaatkan secara maksimal migrasi televisi analog ke televisi digital.

Sementara itu diketahui sedikitnya ada 207 unit perangkat STB yang didistribusikan secara gratis dari Trans7 untuk masyarakat Kota Palembang.

Kepala Dep Transmisi Trans7 Heribertus Kongkolu mengatakan, distribusi tersebut merupakan salah satu bentuk dukungan pihaknya selaku mitra kominfo untuk mempercepat migrasi siaran analog ke digital nasional, khususnya Sumsel.

Pada kesempatan itu, kata dia, pihaknya juga memfasilitasi pemasangan STB di rumah masyarakat setempat sekaligus menyosialisasikan kelebihan dari penyiaran digital ketimbang analog.

"TV Digital ini kelebihannya tontonan jadi lebih jernih dan bersih, dengan hadirnya digital memberikan warna sendiri bagi yang menonton lebih jelas dan detail," tandasnya. (ANTARA) 


Wakos Reza Gautama 


Kontak

Ceritakan pengalamanmu tentang siaran televisi digital:

Telepon:

159 (call center)