Countdown

X Tutup

Komisi 1 DPR RI Rudianto Tjen Dukung Jalankan ASO 2 November 2022

Anggota Komisi 1 Rudianto Tjen (tengah) bersama Staf Khusus Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Rosarita Niken Widiastuti (kedua dari kiri), Komisioner KPI Mohammad Reza (kiri) dan Kepala Dinas Kominfotik Kabupaten Bangka Boy Yandra , Dialog Interaktif dengan tema Era Baru Siaran TV Digital di RRI Sungailiat Kepulauan Bangka Belitung, Jumat 29 Juli 2022. Tim Komunikasi dan Edukasi Publik Migrasi TV Digital Kemkominfo/M Fadjar Islami

Jakarta, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) terus melakukan sosialisasi tentang penghentian siaran TV Analog (ASO) di Indonesia. ASO sudah berjalan secara bertahap dan batas akhirnya  2 November 2022. Salah satu mitra penting dalam program ASO ini adalah Komisi 1 DPR RI. Dalam setiap kesempatan, Komisi 1 DPR RI menyatakan dukungan penuh atas jalannya migrasi ke siaran TV Digital sesuai amanat UU No 11 tahun 2020 tentang Cipta Kerja. 

“Saya sangat berharap, bahwa ini (jadwal ASO 2 November 2022, sebagaimana amanat UU Cipta Kerja) dilaksanakan dengan konsekuen pada tanggal tersebut.  Kita off-kan analog, dan kita sudah mulai dengan sistem TV Digital di seluruh Republik Indonesia,” demikian pernyataan Rudianto Tjen dalam Sosialisasi ASO melalui dialog interaktif RRI, pada Jumat, 29 Juli 2022 di Bangka. 

Dalam dialog yang dilaksanakan di RRI Sungailiat Kepulauan Bangka Belitung tersebut, Rudianto menekankan dukungan Komisi 1 DPR RI terhadap kelancaran pelaksanaan jadwal ASO ini. 

“Kita dukung, terutama kita sebagai wakil rakyat mendukung support itu semua, agar pemerintah menjalankan (batas akhir ASO 2 November 2022) dengan konsisten,” demikian penegasan Rudianto. 

Rudianto juga mengapresiasi langkah pemerintah yang telah menyiapkan jalannya ASO di Indonesia. “Saya berterima kasih pada pemerintah, telah menyiapkan itu semua, sehingga kita sebagai rakyat republik Indonesia bisa mendapatkan siaran yang mempunyai kualitas yang bagus, kualitas prima dan kita bisa lihat tanpa ada gangguan. Menonton dengan tanpa gangguan”. 

Sementara itu, Staf Khusus Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Rosarita Niken Widiastuti, dalam kesempatan tersebut mengingatkan masyarakat untuk segera beralih ke siaran TV Digital tanpa menunggu jadwal penghentian siaran TV Analog di daerahnya. Dalam kesempatan tersebut, Niken juga menegaskan beralih ke siaran TV digital sangat mudah. Masyarakat tinggal menambahkan alat Set Top Box (STB) ke dalam perangkat TV analog. 

Terkait dengan STB bantuan untuk rumah tangga miskin, sekarang ini, sedang dilakukan proses verifikasi data. Niken menambahkan bahwa  tadinya memang data dari DTKS Kemensos, namun seiring perubahan kondisi, banyak masyarakat yang tidak masuk lagi dalam persyaratan tersebut sehingga perlu verifikasi kembali data penerima. 

“Syarat menerima STB ini adalah rumah tangga miskin yang ekstrim, karena itu perlu cek and ricek Kembali. Disamping itu mereka mempunyai perangkat televisi, jika tidak akan percuma. Nah data di DTKS belum dipisahkan antara yang memiliki televisi dan belum,” demikian pernyataan Niken.

STB bantuan untuk rumah tangga miskin utamanya berasal dari Penyelenggara Multiplexing (MUX). “Bagi masyarakat tangga miskin akan diberikan secara gratis oleh Penyelenggara MUX (Lembaga penyiaran TV). Ada 11 lembaga penyiaran TV yang akan memberikan secara gratis. Dan apabila masih kurang, pemerintah akan menambahkan,” ungkap Niken.

Hadir pula dalam dialog tersebut, Komisioner KPI Mohammad Reza dan Kepala Dinas Kominfotik Kabupaten Bangka Boy Yandra. (VNP/Tim Komunikasi dan Edukasi Publik Migrasi TV Digital).



Berita Terbaru

Jelang ASO Jabodetabek 5 Oktober, Diskominfotik Provinsi DKI Jakarta dan Kementerian Kominfo Kolaborasi Sosialisasi di Jakarta Innovation Days 2022

Siaran TV Analog di Jabodetabek Dimatikan 5 Oktober 2022

Jelang ASO Masyarakat Sulawesi Selatan Siap Beralih ke Siaran Digital

Informasi Jadi Terang Benderang, Masyarakat Kabupaten Bekasi dan Bogor Apresiasi Penyaluran Bantuan STB Gratis

Senang dan Terbantu, Murtini dan Ani, Warga Kota Bekasi Ucapkan Terima Kasih atas Bantuan STB Gratis

Kemkominfo Pastikan Siaran TV Analog Berakhir 2 November

Kemenkominfo dan Komisi 1 DPR -RI Gencar Sosialisasi ASO dan Bagikan STB di Sumbar

Sosialisasi ASO dan Seremoni Penyerahan Bantuan STB Kementerian Kominfo RI bersama Komisi I DPR RI

Sosialisasi ASO, Kominfo RI Ajak Warga Makassar Beralih ke TV Digital

Danny Pomanto: Ketua RT dan RW Kunci Kesuksesan Gerakan ASO di Makassar

Berita Terpopuler

Cara Beralih ke TV Digital Lengkap Cara Merubah TV Analog ke Siaran TV Digital

Beralih ke Siaran TV Digital, Bagaimana Cara Memilih Set Top Box?

Per 30 April 2022, Siaran TV Analog Stop di 12 Wilayah Jawa Barat

Pentingnya Isi Kode Pos di Fitur Early Warning System (EWS) TV Digital

MNCN Sukses Siaran Digital di 13 Kota, Ini Rincian Lokasinya!

Per 30 April 2022, Siaran TV Analog Dimatikan di 38 Kabupaten/ Kota di Pulau Jawa

Cermati Jadwal Peralihan ke Siaran TV Digital

Beda dengan TV Analog, Ini Ciri-ciri TV Digital

Cara Cek TV Sudah Digital atau Belum dan Daftar 166 Daerah Tahap 1 Penghentian Siaran Analog

Pilih Set Top Box Bersertifikasi Kominfo

Kontak

Ceritakan pengalamanmu tentang siaran televisi digital:

Telepon:

159 (call center)