Countdown

X Tutup

Kominfo Dampingi SCM (Group Emtek)  Uji Coba Distribusi Set Top Box Bantuan ke Warga Muara Bangka Hulu, Kota Bengkulu

Staf Khusus Menteri Kominfo, Phillip Gobang memberikan perangkat Set Top Box (STB) dalam acara uji coba distribusi Set Top Box (STB) bantuan tahap awal kepada perwakilan warga Kelurahan Bentiring Permai, Kecamatan Muara Bangka Hulu, Kota Bengkulu. Rabu (9/3/2022). Tim Komunikasi dan Edukasi Publik Migrasi TV Digital Kemkominfo/Adiyanti Firdausi

Bengkulu - Sebagaimana tertuang dalam UU No.11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja, sektor Pos, Telekomunikasi dan Penyiaran mengadakan Analog Switch Off (ASO), perubahan dari Sistem Penyiaran Analog ke Digital. 

Sesuai dengan jadwal, Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) akan menghentikan siaran televisi analog di Provinsi Bengkulu. Di tahap awal ini, Kota Bengkulu dan Kabupaten Bengkulu Tengah ASO di 30 April 2022. Kebijakan tersebut didukung oleh Pemerintah Provinsi Bengkulu.

Untuk mendorong agar migrasi ini berjalan dengan baik dan tepat waktu, Kominfo mendampingi Lembaga Penyiaran Swasta yaitu Surya Citra Media (SCM)-Emtek Group sebagai penyelenggara Multipleksing (MUX) yang melakukan uji coba distribusi Set Top Box (STB) Bantuan tahap awal kepada warga di Kelurahan Bentiring Permai, Kecamatan Muara Bangka Hulu, Kota Bengkulu. Rabu (9/3/2022).
Dijelaskan Staf Khusus Menteri Kominfo, Phillip Gobang mengatakan bahwa Indonesia mulai melakukan migrasi dari siaran TV analog ke TV digital. Salah satu pilar penting pada pelaksanaan ASO, yaitu ketersediaan STB bagi seluruh masyarakat.

“Migrasi analog ke digital adalah sebuah keniscayaan, kita ikut dalam sebuah langkah perubahan. Ini menandai komitmen yang besar dari seluruh Lembaga Penyiaran Publik untuk menyediakan alat bantu penerima siaran digital yaitu Set Top Box (STB)”

Ketika peralihan ke TV digital berlangsung, salah satu manfaat lain dari migrasi TV digital yaitu ketersediaan dan keterbukaan akses internet yang berkecepatan tinggi.

“Menandai itu, infrastruktur digital terus dibangun. Keuntungan utama beralih ke digital yaitu frekuensi bisa dipakai untuk internet yang terbuka dan berkecepatan tinggi yang sesuai kebutuhan masyarakat, untuk memajukan seluruh potensi dan usaha produktif daerah setempat,” katanya.

Kepala Dinas Kominfo Bengkulu Tengah, Rahmat mengatakan siap mendukung program pemerintah untuk migrasi siaran TV analog ke siaran TV digital. “Selain gambarnya bagus, nanti jaringannya bisa digunakan untuk internet 5G. Dinas Kominfo Bengkulu Tengah juga berkomitmen untuk menyosialisasikan secara masif kepada masyarakat setempat,’ katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Direktur Group SCM Imam Sudjarwo menjelaskan untuk bisa menikmati siaran TV digital, masyarakat atau keluarga yang terdaftar dalam data DTKS dibagikan STB Bantuan oleh SCM sebagai penyelenggara MUX di Bengkulu.

“Menuju ASO tahap pertama, bagaimana teknis pemasangan STB di lapangan akan uji coba hari ini. Sehingga pada hari pelaksanaan ASO alat bisa dipasang dengan baik,” ungkapnya.
 
Turut hadir pada acara tersebut Ketua KPI Pusat, Agung Suprio; Wakil Ketua KPI Pusat, Mulyo Hadi; Ketua KPID Bengkulu, Fonika Thoyib; Kepala Balai Monitoring Bengkulu, Budiarto; Kepala Stasiun RRI, Nenny Afrantiny; dan Sekretaris Dinas Sosial Kota Bengkulu, Yunita Ria.

(AF/VNPTim Komunikasi Publik Migrasi TV Digital, Kemenkominfo)

Kontak

Ceritakan pengalamanmu tentang siaran televisi digital:

Telepon:

159 (call center)