Countdown

X Tutup

Kominfo Dampingi NTV Distribusi Set Top Box Bantuan ke Masyarakat Provinsi Bali

Uji coba distribusi Set Top Box (STB) Bantuan tahap awal kepada warga bekerjasama dengan PT Pos Indonesia di Denpasar, Bali. Jumat (11/3/2022). Tim Komunikasi dan Edukasi Publik Migrasi TV Digital Kemkominfo/Sonya Freshtikawati

Bali - Sebagaimana tertuang dalam UU No.11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja, sektor Pos, Telekomunikasi dan Penyiaran, Pemerintah akan melakukan Analog Switch Off (ASO) yaitu perubahan dari sistem penyiaran TV Terestrial analog ke digital. 

Sesuai dengan jadwal, Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) akan menghentikan siaran televisi analog di Provinsi Bali. Adapun wilayah Bali yang masuk tahap pertama ASO meliputi Kabupaten Badung, Gianyar, Klungkung, Bangli, Karangasem, Buleleng, dan Kota Denpasar.
 
Kebijakan tersebut didukung oleh Pemerintah Provinsi Bali lewat hadirnya Gubernur Bali, I Wayan Koster dalam uji coba distribusi Set Top Box (STB) Bantuan tahap awal kepada warga di Denpasar, Bali. Jumat (11/3/2022). 

Untuk mendorong agar migrasi ini berjalan dengan baik dan tepat waktu, Kominfo mendampingi Lembaga Penyiaran Swasta yaitu PT Nusantara Media Mandiri atau Nusantara TV (NTV) sebagai penyelenggara Multipleksing (MUX) di Provinsi Bali.

Dalam sambutannya, Gubernur Bali, I Wayan Koster mengucapkan terima kasih kepada PT Nusantara Media Mandiri yang telah memberikan ribuan perangkat Set Top Box untuk warganya. “Terima kasih Kominfo dan NTV, sudah kami terima Set Top Box yang  merupakan alat untuk mengkonversi sinyal analog menjadi digital,” katanya.

Dijelaskan Subkoordinator Perencanaan dan Pembangunan Infrastruktur Keperluan Khusus Pitalebar, Agung Setio Utomo bahwa Indonesia mulai melakukan migrasi dari siaran TV analog ke TV digital. Salah satu pilar penting pada pelaksanaan ASO, yaitu ketersediaan STB bagi seluruh masyarakat.

“Migrasi analog ke digital adalah sebuah keniscayaan, kita ikut dalam sebuah langkah perubahan. Lembaga Penyiaran Swasta sebagai Penyelenggara MUX  dan Pemerintah (Kemkominfo) untuk berkomitmen membantu dan mendistribusikan  perangkat penerima siaran digital, yaitu Set Top Box (STB) kepada kelompok keluarga miskin berdasarkan DTKS  dari Kemensos.”

Agung berpesan agar memasukan Kode Pos pada perangkat STB saat melakukan pemasangan, termasuk bagi masyarakat yang telah memiliki TV Digital, sehingga dapat menerima kecanggihan fitur informasi bencana sesuai wilayah yang terdampak.

“Petugas maupun masyarakat penerima, jangan lupa untuk memasukkan Kode Pos sesuai wilayahnya, baik kelurahan/desa. Nantinya, dapat digunakan untuk mendapat informasi bencana sesuai wilayah yang terdampak bencana.”

Corporate Secretary NTV, Tulus Tampubolon menjelaskan untuk bisa menikmati siaran TV digital, masyarakat atau keluarga yang terdaftar dalam data DTKS dibagikan STB bantuan oleh NTV sebagai penyelenggara MUX di Bali.

“Menuju ASO tahap pertama, bagaimana teknis pemasangan STB di lapangan akan uji coba hari ini. Sehingga pada hari pelaksanaan ASO alat bisa berjalan lancar tanpa kendala teknis,” ungkapnya. 

(AF/Tim Komunikasi Publik Migrasi TV Digital, Kemenkominfo)

Kontak

Ceritakan pengalamanmu tentang siaran televisi digital:

Telepon:

159 (call center)