Countdown

X Tutup

Canggihnya Teknologi TV Analog Beralih ke Digital, Kualitas Gambar dan Suara Terbaik

(Dari kanan) Ketua KPID Kaltim, Akbar Ciptanto, Staf Khusus Menkominfo, Rosarita Niken Widiastuti dan Kepala Dinas Kominfo Kaltim, Muhammad Faisal disela Pertunjukan Virtual Kesenian Daerah Kalimantan Timur, Jumat (18/3/2022)

Balikpapan, Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika memastikan, penghentian siaran Televisi (TV) analog atau peralihan ke siaran digital analog Switch-Off atau ASO  dilakukan dengan sejumlah alasan, salah satunya demi efisiensi frekuensi.

Efisiensi frekuensi itu diperlukan, mengingat selama ini masing-masing siaran Televisi menggunakan satu frekuensi, sehingga frekuensi yang merupakan sumber daya teknologi menjadi sangat terbatas.

Hal tersebut disampaikan Staf khusus Menteri Komunikasi dan Informatika, MENKOMINFO, Rosarita Niken Widiastuti, pada acara Pertunjukan Virtual Kesenian Daerah Balikpapan siap ASO, di studio PT Balikpapan Televisi (BTV) yang beralamat kilometer 3,5  Balikpapan Utara, Jumat malam 19 Maret 2022.

"Peralihan dari TV analog ke digital juga mesti dilakukan, karena untuk kepentingan Teknologi 4G dan early warning system  atau peringatan dini bencana, dengan begitu setidaknya masyarakat dapat mengetahui informasi serentak jika ada bencana terjadi, ungkap" Niken.

Selain itu siaran yang ditampilkan pada Televisi Digital dapat dilihat dengan bersih gambarnya, jernih suaranya serta canggih teknologinya dan beragam programnya.

Niken mengharapkan masyarakat segera beralih ke TV Digital karena sangat mudah dilakukan hanya dengan menambahkan Set Top Box (STB) tanpa perlu membayar iuran bulanan ataupun membeli paket data.

Pemerintah melalui KOMINFO akan menghentikan siaran Televisi analog secara total paling lambat 2 November 2022. Pada tahap pertama siaran TV analog akan dihentikan paling lambat pada 30 April 2022, kemudian pada tahap kedua yakni 25 Agustus 2022, dan tahap akhir pada 2 November 2022.

Turut hadir Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kalimantan Timur, Muhammad Faisal, dan Ketua KPID Kalimantan Timur, Akbar Ciptanto, yang turut menyerahkan STB kepada tamu undangan dari Kecamatan-Kelurahan dan Tokoh masyarakat.

Pertunjukan virtual ini menampilkan beragam kesenian mulai dari tari-tarian, musik tradisional hingga SITKOM oleh Seniman lokal Balikpapan.(niya/budi)

https://btv.co.id/canggihnya-teknologi-tv-analog-beralih-ke-digital-kualitas-gambar-dan-suara-terbaik-

Kontak

Ceritakan pengalamanmu tentang siaran televisi digital:

Telepon:

159 (call center)