Countdown

X Tutup

Bersiap Migrasi, TV Digital Bakal Kedepankan Kualitas Tayangan Penyiaran

Ilustrasi TV digital. Tim Komunikasi dan Edukasi Publik Migrasi TV Digital/Wienda Parwitasari

GALAMEDIA - Dalam waktu dekat, kiprah TV analog yang selama ini menjadi barometer informasi penting bagi masyarakat luas di Tanah Air bakal segera berakhir.

Per tanggal 31 April 2022, siaran TV analog akan dimatikan, dan bermigrasi ke siaran TV digital.
Hal itu seiring dengan aturan baru yang dikeluarkan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Republik Indonesia.

Staf Khusus Menkominfo Niken Widiastuti memastikan, dengan migrasi itu kedepannya kualitas tayangan televisi akan menjadi prioritas.

"Keberadaan TV digital akan menjawab kerinduan masyarakat akan kualitas tayangan yang lebih jernih," tutur Niken.

Hal itu disampaikan Niken di sela kegiatan pertunjukkan virtual kesenian daerah wayang golek ringkes dan Tablo hasil kerjasama Kominfo dengan pemerintah Provinsi Jawa Barat, di Taman Budaya Provinsi Jabar, Sabtu, 15 Januari 2022.

Niken juga menyatakan, isi program - program televisi juga dinilainya akan lebih kreatif dan mendidik. Melihat, sistem penyiaran televisi digital menggunakan teknologi terbaru, dan tetap mengutamakan informasi yang valid.

"Ini merupakan pembaharuan, di era digital dan mutu serta kualitas siaran akan lebih terjamin," bebernya.

Sementara itu, Ketua KPID jabar Adiyana Slamet menerangkan, kehadiran TV digital di tanah Jawa barat, niscaya memberikan terobosan baru bagi industri kreatif.

"Terutama di bidang media. Terlebih hal ini sebagai percepatan menuju era 4.0 di Indonesia," kata dia.

Dalam kegiatan tersebut turut Hadir DR Rosarita Niken Widiastuti MSI sebagai staf khusus Menkominfo RI, Faiz Rahman Sstp MAP Kabid bidang IKP Diskominfo Jabar dan Dr adiyana Slamet Ketua KPID Jabar.***

Editor: Lucky M. Lukman







Kontak

Ceritakan pengalamanmu tentang siaran televisi digital:

Telepon:

159 (call center)